Jangan Ngaku sebagai Fashion Lovers kalau Belum Mengenal Coco Chanel!

A girl should be two things: classy and fabulous.

Coco Chanel

Sebuah quote klasik yang seringkali didengungkan oleh manusia yang menyebutnya sebagai generasi pecinta fashion.  Tapi tahukah kamu, siapa sosok inspiratif dibalik quote tersebut? Dialah Coco Chanel.

Jika Indonesia boleh berbangga dengan RA Kartini sebagai pencetus emansipasi wanita, maka Perancis juga pasti bangga dengan Coco Channel. Seorang wanita kelahiran 19 Agustus 1883 di Sumur, Perancis.

Sosoknya dikenal dengan dua karya legendarisnya, yakni trademark suits and little black dresses.

Gambar 1. Trademark Suits and Little Black Dresses by Chanel

Hingga saat ini, keduanya masih sangat popular dan diminati masyarakat di seluruh dunia. Dikutip dari https://www.biography.com/people/coco-chanel-9244165  Chanel adalah seorang anak yang dibesarkan di panti asuhan dan diajarkan cara menjahit selama di sana. Dia juga dikenal sebagai sosok dengan segudang bakat. Hal ini dibuktikannya dengan kesuksesannya sebagai penyanyi sebelum ia resmi membuka toko busana miliknya di tahun 1910.

Selanjutnya pada tahun 1920, minatnya di bidang busana semakin dikukuhkan dnegan perilisan parfum miliknya bersamaan dengan produk fashion Chanel suit and the little black dress. Hingga akhirnya ia wafat pada 10 Januari tahun 1971 dengan meninggalkan banyak karya yang melegenda hingga saat ini.

Hingga saat ini, Chanel mengukuhkan dirinya sebagai salah satu desainer yang konsisten dengan konsep sederhana tapi memiliki kesan mewah. Hal ini seperti yang sering ia ucapkan bahwa segala sesuatu yang mewah harus tetao nyaman, jika tidak nyaman maka bukan mewah.

Luxury must be comfortable, otherwise it is not luxury. Coco Chanel

Oh iya, satu hal yang harus kalian tahu. Nama Coco sebenarnya diambil dari salah satu performa chanel ketika masih menjadi penyanyi. Saat itu ia sedang bernyanyi di sebuah club Vichy and Moulins dan ia mengungkapkan bahwa Coco adalah sebuah singkatan dari Cocotte. Sebuah istilah dari bahasa Perancis untuk menyebut sebagai “kept woman.”

Itulah sedikit bagian dari biografi Coco Chanel. Semoga artikel ini bermanfaat ya! Selamat menjalankan ibadah puasa fashion lovers!

 

One Reply to “Jangan Ngaku sebagai Fashion Lovers kalau Belum Mengenal Coco Chanel!”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *